Pelanggaran-Pelanggaran Etika Bisnis

November 5, 2010 rosicute

1.Pelanggaran Etika Bisnis terhadap Hukum.

Sebuah perusahaan X, karena kondisi perusahaan yang pailit, akhirnya memutuskan untuk melakukan PHK kepada karyawannya. Namun dalam melakukan PHK tersebut perusahaan sama sekali tidak memberikan pesangon, sebagaimana yang diatur dalam uu No.13/ 2003 tentang ketenaga kerjaan.

Dalam kasus ini perusahaan X dapat dikatakan melanggar prinsip kepatuhan hukum.

Komentar : Komentar saya tidak setuju, karena PHK itu harus memberikan pesangon kepada karayawan yang di PHK sama dengan pensiun dini yang dimana diberikan uang pesangon / pensiunan sebelum berhenti bekerja dari perusahaan tersebut ( X )

2. Pelanggaran Etika Bisnis terhadap Akuntabilitas

Sebuah Rumah Sakit swasta melalui pengurus mengumumkan kepada seluruh karyawan yang akan mendaftar PNS, otomatis diyatakan yang mengundurkan diri. A sebagai salah satu karyawan rumah sakit tsb mengabaikan pengumuman dari pihak pengurus,karena menurut pendapatnya , ia diangkat oleh pengelola , dalam hal ini Direktur Rumah Sakit, sehingga segala hak dan kewajibannya berhubung dengan pengelola bukan pengurus pihak pengelola sendiri tidak memberikan surat edaran  resmi, mengenai kebijakan tersebut. Dari kasus ini Rumah Sakit tersebut dapat dikatakan melanggar prinsip Akuntabilitas,  karena tidak ada kejelasan fungsi pelaksanaan dan pertanggung jawaban di antara Pengelola dan pengurus Rumah Sakit.

Komentar : Menurut saya apa yang dilakukan pengurus dan pengelola perusahaan sangat membingungkan karyawan dan menunjukkan ketidak profesionalan mereka sebagai pengurus dan pengelola rumah sakit.

3.Pelanggaran Etika Bisnis terhadap pelayanan

Keterjadian Energi Listrik sangat vital bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Terobosan demi terobosan harus di cari demi berakhirnya giliran pemadam listrik oleh PLN yang mengingkar dunia usaha dan masyarakat. Berapa tahun terakhir ini hampir setiap hari kabar pemadaman bergilir merebak di sejumlah daerah.Dari sudut Ekonomi listrik di indonesia merupakan hambatan untuk meningkatkan daya saing. Hal ini dapat menurunkan minat Investor asing untuk menanamkan modalnya di indonesia PLN,melakukan upaya mengenai krisis listrik diantaranya menghimbau masyarakat untuk penghematan pemakeian lisatrik. Upaya  lain yang di lakukan PLN,adalah menambah pasokan lisatrik melalui proyek pembangkit listrik 10.000 megawatt ( MW ) dengan dominasi Pembangkit Listrik  berbahan bakar batubara ( PLTU ).

Sejak tahun 2006, sekitar 34 proyek,PLTU yang tersebar di pulau Jawa dan luar Jawa dicanangkan. Pengerjaan proyek ini tidak berjalan mulus, karena komitmen peredaran dari lembaga keuangan beberapa negara seperi Tiongkok mengalami renegosiasi akibat krisis ekonomi.

Dalam hal kasus ini PLN dapat dikatakan melanggar pelayanan prima bagi masyarakat maupun dunia bisnis.

 Komentar : Menurut saya dalam hal ini PLN kurang profesional, masyarakat sebagai konsumen seharusnya mendapatkan pelayanan yang maksimal karena konsumen sudah membayar kewjibannya untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya dan seharusnya PLN juga harus melakukan kewajibannya untuk mencukupi pasokan listrik masyarakat setiap harinya.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

November 2010
S S R K J S M
« Okt   Des »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: