Pemahaman perilaku konsumen

Januari 5, 2010 rosicute

Nama    : Rosi novayani. S

Kelas     : 3 EA 14

NPM      : 11207253

1.Alasan yang menyatakan bahwa pemahaman prilaku konsumen merupakan dasar pengembangan strategi

 Strategi pemasaran adalah suatu pernyataan (baik secara implisit maupun eksplisit) mengenai bagaimana suatu merek atau lini produk mencapai tujuannya ( Bennett, 1988 ). Sedangkan Tull dan Kahle ( 1990 ) mendefinisikan strategi pemasaran sebagai alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut. Strategi pemasaran dapat didesain untuk mengaktifkan maupun menstimulasi pengaruh pribadi dan memanfaatkannya dimana pengaruh tersebut segera ada.

Tujuan pertama mendiskripsikan cara-cara dimana kepercayaan, sikap dan prilaku konsumen dipengaruhi ketika orang lain digunakan sebagai kelompok acuan. Kadang, tindakan individual dipaksakan oleh tekanan konfornitas. Dalam kejadian lain, dampaknya terutama bersifat informasi. Tujuan kedua adalah menjajaki jenis dampak pribadi yang sangat menonjol melalui komunikasi lisan yang diprakarsai atau disuplay oleh orang berpengaruh yang dikenal sebagai pemimpin opini. Sudah sering diperlihatkan bahwa informasi dari sumber ini dapat membentuk atau menghancurkan sebuah kampanye pemasaran. Banyak cara dimana komunikasi lisan, bila dimengerti dengan benar, dapat digunakan secara menguntungkan didalam strategi pemasaran.

Variabel penentu yang penting di dalam pengaruh pribadi adalah keterlibatan. Keterlibatan produk yang tinggi dan pengaruh sosial berhubungan dalam 2 cara:

1. Keterlibatan meningkat bila pilihan yang dibuat mempengaruhi status sosial seseorang dan penerimanya.

2. Keterlibatan yang tinggi kerap mencetuskan pencarian informasi dari orang yang dapat dipercaya

◊ Kesimpulan: Pengaruh pribadi merupakan sebab sekaligus hasil dari keterlibatan yang tinggi dan jarang menjadi sangat penting bila keterlibatannnya rendah.

2. Analisis

  • Faktor lingkungan dalam 10 tahun mendatang yang akan mempengaruhi konsumsi minuman ringan ada berbagai macam faktor yaitu salah satunya dari pemanasan global yang mempengaruhi konsumen untuk mengkonsumsi minuman ringan yang dingin, juga trend masa depan yang akan menjadikan minuman ringan sebagai gaya hidup anak muda, dan menambah kegunaan minuman ringan bukan hanya sebagai penghilang dahaga tetapi juga untuk meningkatkan stamina dan kesehatan juga akan mempengaruhi konsumen 10 tahun yang akan datang dimana sudah mulai berfikir lebih kritis mengenai kesehatan.

 

  • Petunjuk pikiran dalam istilah perubahan bisnis global dan kecenderungan demografis adalah dimana sasaran pemasaran mendeskripsikan pangsa konsumen dalam istilah seperti usia, pendapatan, dan pendidikan. Dimana semua faktor tersebut menjadi acuan dalam melakukan pemasaran dalam perubahan  bisnis global.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Januari 2010
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: