Artikel Iklan Perilaku Konsumen

Desember 4, 2009 rosicute

Nama : Rosi novayani.S

NPM : 11207253

Kelas : 3EA14

# Tugas membuat artikel pemasaran

Bisnis handset, umpamanya, turut berkembang dahsyat mengikuti perkembangan industri telekomunikasi. Bahkan sampai sekarang, biarpun sudah dikuasai merek-merek ternama dunia seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung dan Motorola, pasar masih membuka diri terhadap pemain-pemain baru, yang lokal sekalipun.

Salah satu pendatang baru yang sedang menikmati manisnya madu bisnis handset adalah PT Metrotech Jaya Komunika (MJK). Hadir sedikit terlambat dibanding merek-merek lain, perusahaan yang mengusung merek Nexian ini sekarang muncul sebagai kuda hitam di bisnis handset nasional. Bahkan, merek ini sempat membuat geger pasar handset nasional lewat varian NX-G900. Telepon seluler (ponsel) yang dijuluki NexianBerry ini begitu diminati konsumen, sehingga untuk mendapatkannya, harus rela antre.

Nexian melihat adanya tren baru yang luar biasa ditengah masyarakat: bergabung dengan jejaring sosial facebook dan sangat meminati Blackberry. Nexian mulai melakukan riset dan pengembangan ponsel baru yang akan diluncurkan di tahun 2009. Ponsel jenis ini dinamakan ponsel QWERTY yang bisa melayani berbagai aplikasi BlackBerry seperti chat aplication, dan tentu saja Facebook.

Karena desainnya yang sangat mirip BlackBerry yang sedang booming dan sangat diminati konsumen dari remaja sampai dewasa laki-laki maupun perempuan, ponsel ini pun kemudian dijuluki NexianBerry. Ternyata, tanggapan masyarakat terhadap NexianBerry juga sangat baik. Permintaan yang tinggi terjadi di semua jalur distribusi, dealer, dan dari luar kota. Antrean panjang sering terlihat di tempat-tempat penjualan NexianBerry. Bahkan, harga di tingkat pedagang pernah naik menjadi Rp 1,5 juta. Ini pertama kalinya harga ponsel merek lokal bukan turun, tetapi malah naik. Pencapaian ini mendorong nexian menambah kapasitas dan jumlah produk yang didistribusikan.

Kini 500 ribu unit NexianBerry telah dilepas ke pasar untuk memenuhi permintaan yang sangat tinggi. Nexian menargetkan 2 juta unit NexianBerry akan terjual di tahun ini. Adapun untuk penjualan keseluruhan, Nexian menargetkan 4 juta unit. Untuk mencapai target-target ini, sejak awal Nexian memang menempuh jalan promosi yang tidak biasa karena tidak menutup mata terhadap keterbatasan yang dimilikinya. Nexian lebih suka melakukan kerja sama dan membangun jaringan dengan pihak-pihak terkait.

Harus diakui, resource dan dukungan finansial Nexian belum besar. Karena itu, Nexian berkerja sama dengan hampir semua operator seluler. Juga, dengan beberapa bank. Nexian memanfaatkan kanal modern seperti gerai-gerai ritel di Indonesia. Tidak seperti perusahaan-perusahaan besar yang punya peluru iklan yang sangat banyak, Nexian punya peluru terbatas. Satu peluru itu harus kena ke sasaran. Satu produk yang diluncurkan harus dipastikan menjadi hit di pasar.

Ref:http://www.swa.co.id/swamajalah/sajian/details.php?cid=1&id=9909

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: